Sosialita

Ya Ampun, Waljinah 'si Walang Kekek' Sakit

Solo - Penyanyi keroncong Waldjinah kembali tergolek sakit. Pelantun lagu Walang Kekek ini tergolek sakit di kediamannya, Mangkuyudan, Laweyan, Surakarta. Waljinah menderita penyakit di bagian lambung dan usus hingga harus beristirahat di atas tempat tidur.
 
"Ini sebenarnya sudah penyakit lama," kata Ari Mulyono, salah satu anaknya pada Selasa, 27 Januari 2015.
 
Selama beberapa tahun terakhir, Waldjinah memang beberapa kali sempat dilarikan ke rumah sakit dengan keluhan yang sama.
 
Menurut Ari, gangguan penyakit itu kembali dikeluhkan oleh Waldjinah sejak November lalun. Dan beberapa hari ini, penyanyi berusia 69 tahun itu harus istirahat di atas tempat tidur. "Harus istirahat total," kata Ari.
 
Selain gangguan penyakit, kesehatan Waldjinah semakin lemah lantaran pola makannya ikut terganggu.
 
"Ibu hanya mau makan tiap dua hari sekali," katanya. Asupan gizi terpaksa diberikan melalui minuman dan susu.
 
Keluarga juga langsung berkoordinasi dengan rumah sakit untuk memberikan perawatan home care. Petugas kesehatan dari rumah sakit rutin mendatangi kediaman Waldjinah untuk memberikan perawatan serta memantau kondisi kesehatannya. 
 
Kondisi yang serupa juga pernah terjadi setahun lalu akibat penyakit yang sama. Selain lambung dan percernaan, saat itu Waldjinah juga terkena infeksi ginjal. Ketika itu, Waldjinah juga memilih untuk menjalani perawatan di rumah. Dan kesehatannya membaik setelah menjalani perawatan selama dua pekan.
 
Menurut Ari, aktifitas Waldjinah harus berhenti total akibat penyakit yang dideritanya tersebut. "Terakhir kali menyanyi di Semarang dua tahun silam," katanya. Setelah itu, Waldjinah selalu menolak tawaran menyanyi. "Sebenarnya tawaran masih berdatangan," ujar Ari. (rep01/tco)